Menkes Budi Gunadi Sadikin

Indonesia Masih Kekurangan Dokter Spesialis, Buktinya Masyarakat Banyak Berobat ke Luar Negeri.

Banjarmasin, SUN FM Radio – Indonesia ternyata masih minim dokter spesialis, Sun People!

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa jumlah dokter spesialis di Indonesia masih kurang.

Hal ini disampaikannya ketika memaparkan soal upaya transformasi pelayanan kesehatan di Indonesia, terkhusus mengenai sumber daya manusia (SDM) kesehatan.

"Transformasi SDM kesehatan ini yang paling krusial. Posisi kami adalah jelas dalam metriks apapun, jumlah dokter spesialis itu kurang," kata Budi dalam rapat kerja (Raker) Komisi IX DPR, Selasa (24/1/2023), waktu setempat.

Dilansir dari sumber, Kompas, Menkes pun mengaku telah memeriksa ke organisasi profesi di negara lain dan menyimpulkan bahwa dokter spesialis Indonesia terbatas.

"Kita sudah cek ke WHO dan World Bank, dalam matriks apapun jumlah dokter dan jumlah dokter spesialis kita sangat kurang," jelasnya.

Ditambahkan kondisi Indonesia yang kekurangan dokter spesialis semakin ditunjukan dengan banyaknya masyarakat berobat ke luar negeri. Sebab, banyak rumah sakit yang tidak memiliki dokter spesialis.

Oleh karena itu, Budi mengaku Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus berdiskusi dengan organisasi profesi dan perguruan tinggi.

Selain itu, ternyata memang masih ada pihak yang merasa dokter dan dokter spesialis kita sudah cukup, padahal kenyataannya sangat kurang, Sun People!

(sumber: kompas.com)