pemkot banjarmasin produksi sampah harian

Banjarmasin Sudah Tangani 90 Persen Produksi Sampah Harian

Banjarmasin, SUN FM Radio – Sampah masih menjadi polemik disetiap daerah ya, Sun People, tidak terkecuali kota Banjarmasin nih!

Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengklaim sudah menangani 90 persen produksi sampah harian yang mencapai 500 ton sampai 600 ton.

"Sampah yang dapat kita angkut itu sekitar 70 persen ke TPA Basirih," ujar Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Marzuki di Banjarmasin, Kamis (24/02), waktu setempat.

Dilansir dari sumber, Antaranews, dengan sebanyak 90 armada truk sampah yang dimiliki Pemkot Banjarmasin kini, pengangkutan sampah ke tepat pembuangan akhir (TPA) Basirih di Banjarmasin Selatan dirasa terlaksana cukup maksimal.

Dari 70 persen yang telah diangkut ke TPA, sebagian sampah, yakni, sekitar 20 persennya dapat ditangani melalui tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST) atau TPS 3R (Reduce, Reuse, Recycle), Sun People.

Dilaporkan juga bahwa Pemkot Banjarmasin, kini sudah memiliki 13 TPST di lima kecamatan untuk mendaur ulang sampah yang bernilai ekonomis, termasuk sampah organik yang diolah menjadi pupuk kompos.

Tidak hanya itu, fungsi dari Bank Sampah juga dirasakan, Sun People. Dimana Bank Sampah juga berperan dan menolong dalam 20 persen sampah yang dapat ditangani.

Disampaikan bahwa jumlah bank sampah di Kota Banjarmasin yang dikelola masyarakat saat ini lebih 300 bank sampah.

Permasalahannya ialah kini 10 persen dari sampah masih belum dapat ditertibkan, nih Sun People. Disadari pula masih banyak masyarakat yang belum disiplin untuk membuang sampah pada tempatnya. Meskipun begitu, sosialisasi terus dilakukan agar semua sadar pentingnya menjaga kebersihan dan mengelola sampah, demi kelestarian lingkungan.

(sumber: tribunnews.com)