prediksi hujan kalsel

Hujan Ekstrem Mengancam Kalsel, Harus Siaga Hingga Maret

Banjarmasin, SUN FM Radio – Prediksi ini tentu sebagai himbauan untuk kita semua ya, Sun People…

Melihat kondisi curah hujan yang akhir-akhir ini masih melanda wilayah Kalimantan Selatan, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) pun memprediksi hujan ekstrem serta angin kencang berlangsung hingga awal Maret 2023.

Hujan deras melanda sejumlah daerah di Kalimantan Selatan beberapa waktu terakhir juga dirasakan oleh banyak titik, Sun People. Beberapa kawasan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Banjar dan Kota Banjarbaru sudah terendam, dilansir dari sumber, Tribunnews.

Karena ini, ancaman banjir besar seperti awal 2021 kembali membayangi masyarakat, Sun People.

Kepala Sub Bidang Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Ariansyah mengakui ancaman tersebut memang ada. Berdasar prediksi BMKG, Ari menyebut seluruh daerah di Kalsel berpotensi banjir.

Namun Ari meyakini banjir tahun ini tak separah dua tahun lalu. Meski hujan cukup deras, intensitasnya hanya beberapa jam. Kendati demikian, Ari meminta warga tetap waspada. Seluruh BPBD dan pihak terkait pun siaga.

Di samping itu, pihaknya, BPBD juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Kalsel. Persediaan logistik untuk bantuan kebencanaan dinyatakan aman.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel, Achmadi. Dia memastikan persediaan logistik di Dinsos Kalsel cukup bila sewaktu–waktu terjadi bencana seperti banjir.

Untuk diketahui nih, Sun People, BPBD Kalsel juga sudah menetapkan status siaga banjir, puting beliung dan tanah longsor. Status tersebut ditetapkan sejak akhir Desember 2022 hingga Maret 2023 ini.

(sumber: tribunnews.com)