unjuk rasa kalsel

Aksi Unjuk Rasa Tuntut Tindak Perusahaan Bayar Upah Dibawah UMP Aksi Unjuk Rasa Tuntut Tindak Perusahaan Bayar Upah Dibawah UMP

Banjarmasin, SUN FM Radio – Kali ini unjuk rasa dikarenakan pembayaran upah dibawah UMP nih, Sun People…

Serikat Buruh Nasionalis Indonesia (SBNI) melakukan unjuk rasa di depan Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnaker) Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (27/02), waktu setempat.

Dilansir dari sumber, Tribunnews, dilaporkan bahwa dalam unjuk rasa itu, massa meminta penindakan tegas para Pengawas Ketenagakerjaan Kalsel kepada perusahaan yang diduga membayar upah di bawah UMP Kalsel dan membayar upah lembur tidak sesuai aturan yang berlaku, Sun People.

Sementara itu, Ketua Umum DPP SBNI Kalsel, Wagimun, mengatakan, pihaknya menuntut keadilan kepada Disnakertrans Kalsel soal nasib para buruh.

“Ada hak-hak buruh yang harus diperjuangkan. Jikalau lambat ditangani, maka akan berdampak ke para buruh tersebut,” ujarnya kepada awak media, beberapa waktu yang lalu, seperti yang dikutip dari sumber yang sama.

Disampaikannya juga nih, Sun People, menurutnya, ada pengawasan dari Disnakertrans Kalsel yang terkesan lambat. Bahkan ada yang tidak di apa-apakan sama sekali.

Ada beberapa poin yang pihaknya sampaikan ke Disnakertrans Kalsel, diantaranya tentang blacklist.

“Ini tentang hak seseorang. Blacklist mengakibatkan orang itu tidak bisa bekerja di perusahaan lain,” katanya.

Kemudian, ada juga tentang slip gaji yang tidak diterima dan upah yang tidak layak. Bahkan juga mengenai penegasan soal upah minimum provinsi (UMP), terutama untuk perusahaan yang masih belum menerapkan UMP sejak awal ditetapkan, nih Sun People.

(sumber: tribunnews.com)