indeks kemacetan jakarta

Semakin Parah, Indeks Kemacetan Jakarta Naik ke Peringkat 29 Dunia

Banjarmasin, SUN FM Radio – Berangsur normalnya aktivitas pasca pandemi membuat tingkat kemacetan di Ibu Kota semakin parah nih, Sun People!

Sempat turun menjadi peringkat 46 di tahun 2021, namun kembalinya normal aktivitas perkotaan memberikan dampak yang semakin parah untuk tingkat kemacetan jalan rayanya ya, Sun People.

Dilansir dari sumber, Kompas, bahwa Tomtom mencatat rata-rata waktu tempuh untuk perjalanan per 10 kilometer di DKI mencapai 22 menit 40 detik. Secara umum, Tomtom juga menyebutkan bahwa kondisi lalu lintas kota di dunia sudah kembali sibuk setelah sebelumnya melandai karena pembatasan aktivitas akibat pandemi Covid-19.

Lembaga itu mengukur indeks kemacetan lalu lintas di 389 kota di 56 negara pada 2022, salah satunya Jakarta. Jakarta dan Manila di Filipina merupakan dua kota di Asia Tenggara yang berada di 50 besar indeks kemacetan berdasarkan peringkat TomTom. Namun, indeks di Jakarta masih lebih baik dibandingkan Manila yang berada di peringkat sembilan dengan rata-rata waktu tempuh per 10 kilometer mencapai 27 menit.

Masih mengutip dari sumber yang sama, ada pun kota dengan indeks kemacetan tinggi yakni London dengan waktu tempuh per 10 kilometer yakni 36 menit 20 detik dan indeks paling rendah yakni kota Almere di Belanda pada peringkat 389 dengan waktu tempuh hanya delapan menit 20 detik per 10 kilometer.

Gimana jalan tempuh yang kamu hadapi setiap harinya dijalan perkotaan Sun People? Apakah kamu juga merasakan macetnya jalan karena Kembali padatnya aktivitas masyarakat…

(sumber: kompas.com)