Perdagangan jawa timur dan kalimantan selatan

Tetap Perhatikan Komoditas Kecil dalam Menjalin Kerjasama Perdagangan Kalsel-Jatim

Banjarmasin, SUN FM Radio – Harus perhatikan komoditas kecil, Sun People!

Nilai transaksi perdagangan antara Jawa Timur (Jatim) dengan Kalimantan Selatan (Kalsel) cukup besar.

Angkanya mencapai Rp 25,98 triliun lho! Total nilai penjualan Kalsel ke Jatim sebesar Rp 24,05 triliun. Sebaliknya nilai pembelian Kalsel dari Jatim sebesar Rp 1,93 triliun. Angka penjualan cukup besar itu dinilai baik. Namun, komoditas yang dijual masih didominasi oleh batu bara pada urutan pertama.

Transaksi perdagangan Kalsel-Jatim ini diungkap oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim melalui stafnya, Sriyono pada kunjungan kerja Komisi II DPRD Kalsel Ke Disperindag Jatim pada Senin (13/3/2023).

"Kalsel menempati urutan kedua setelah DKI Jakarta. Komoditas utama dari Kalsel didominasi oleh batu bara pada urutan pertama, berikutnya diikuti komoditas lain berturut-turut yakni ikan, udang beku, minyak kelapa sawit, kayu, bahan nabati, produk hewani dan produk pertukangan dari bahan kayu," paparnya.

Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Imam Suprastowo menyambut baik dan menilai besarnya angka tersebut sejalan dengan nota kesepahaman kerjasama perdagangan antara kedua provinsi itu.

Kesepahaman ini ditetapkan melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Provinsi Jatim dengan Provinsi Kalsel, pada 13 April 2022, Sun People!

(sumber: tribunnews.com)