kuota mudik gratis 2023

Kemenhub Sediakan 24.072 Kuota Mudik Gratis pada Ramadan 2023

Banjarmasin, SUN FM Radio – Mudik gratis, Sun People!

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 24.072 kuota penumpang mudik gratis pada Ramadan 2023. Kuota penumpang tersebut dibagi menjadi 18.528 penumpang untuk arus mudik dan 5.544 penumpang untuk arus balik.

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suharto mengatakan dalam program mudik gratis itu, pihaknya akan menyiapkan 585 bus yang dibagi untuk arus mudik 459 bus dan arus balik 126 bus.

Adapun kota tujuan arus mudik tersebar di berbagai wilayah. Untuk Sumatera, kota tujuan arus mudik adalah Palembang dan Lampung. Kemudian di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Sementara di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada 18 kota, yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, dan Wonogiri.

Pendaftaran mudik dan arus balik gratis dimulai 13 Maret hingga 14 April. Penumpang arus mudik akan diberangkatkan pada 18 April dan 19 April. Sementara arus balik akan berangkat pada 28 April.

Tak hanya untuk penumpang, Kemenhub juga menyediakan layanan pengangkutan sepeda motor gratis dengan menggunakan truk. Sebanyak 30 truk disediakan untuk mengangkut 900 sepeda motor pada arus mudik dan arus balik.

Namun, Sun People, sementara ini pelayanan tersedia masih untuk daerah Jawa, Yogyakarta, dan sebagian wilayah Sumatera, ya.

(sumber: cnnindonesia.com)