uhc award

Kalsel Berlakukan Cakupan Kesehatan Semesta, 7 Kabupaten Raih Penghargaan UHC Award

SUN FM Radio – Penghargaan yang kini diperoleh wilayah Kalimantan Selatan berhubungan dengan bentuk dukungan JKN-KIS, Sun People!

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin memberikan penghargaan UHC Award kepada 22 Provinsi, 334 Kabupaten dan Kota yang telah memberlalukan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia, termasuk kabuapten kota di Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Dikutip dari sumber, Tribunnews, Provinsi Kalsel  total ada tujuh daerah yang mendapat penghargaan ini. Yakni Kabupaten Tanah Bumbu, Tanah Laut, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, Balangan, dan Tabalong. 

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Banjarmasin, Asmar mengatakan, dengan tercapainya UHC di setiap daerah, Wakil Presiden juga mengapresiasi komitmen Pemda khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Ini merupakan bentuk upaya yang dilakukan dalam menargetkan 98 persen penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui Program JKN-KIS pada tahun 2024, dengan mengalokasikan anggaran dan pembayaran iuran. Serta bantuan iuran penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah.

Jadi, nih Sun People, Kehadiran Program JKN-KIS tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam hal membuka akses pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat Indonesia. Namun juga melindungi masyarakat dari kemiskinan.

(sumber: tribunnews.com)