balai bahasa kalsel

Hasil Diskusi Balai Bahasa Kalsel: Bahasa Banjar Akan Diterapkan di Sekolah

Banjarmasin, SUN FM Radio – Upaya pengembangan Bahasa Daerah, nih Sun People, agar generasi tidak lupa. 

Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun Penyusunan Modul Pembelajaran Bahasa Daerah Berbasis Sekolah dan Komunitas, Selasa (28/3/2023), waktu setempat.

Acara tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Pemerintah Daerah, bersama pakar dan  praktisi dalam Program Revitalisasi Bahasa Daerah yang sebelumnya digelar. Dihadiri oleh beberapa guru, akademisi, serta budayawan,

Disampaikan dari sumber, Tribunnews, Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Armiati Rasyid mengatakan, kegiatan ini merupakan tahap dari rangkaian kegiatan revitalisasi bahasa daerah, yakni bahasa Banjar dan bahasa Bakumpai. 

Maka disampaikan juga dari hasil dari modul tersebut, untuk bahasa Banjar akan diterapkan di tingkat SD dan SMP, sedangkan untuk bahasa Bakumpai diterapkan dengan basis komunitas, Sun People.

Disampaikan lebih lanjut oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalsel, “Tetapi kami tetap bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk memantau kegiatan ini, dengan inti sasarannya itu anak-anak tingkat SD dan SMP,” katanya.

Hal ini juga merupakan salah satu upaya dalam mempertahankan eksistensi budaya lokal terhadap generasi-generasi muda, ‘kan Sun People. Semoga wacana ini dapat berjalan dengan maksimal, ya! 

(sumber: tribunnews.com)