jemaah haji

Jemaah Haji Diminta Waspadai Ancaman Kaki Melepuh di Madinah

Banjarmasin, SUN FM Radio – Ingatkan kerabat dan orang terdekat kamu, nih Sun People…

Memasuki musim Haji nih Sun People, namun ternyata masih ada saja kejadian yang kerap kali dialami jemaah haji, yakni mengalami kaki melepuh dan kerap terjadi saat menjalankan ibadah di Madinah, Arab Saudi. Kaki melepuh itu biasanya terjadi saat jemaah haji memaksakan diri nekat berjalan tanpa alas kaki di tengah teriknya sinar matahari. Hal tersebut tentunya sangat berbahaya, ‘kan Sun People.

BACA JUGA: Jalan Kaki ke Borobudur, Biksu Thailand Kini Masih Menuju Tegal

“Dan biasanya, jemaah haji Indonesia itu menyepelekan. Dianggap jarak masjid ke hotelnya itu dekat, mereka memaksa jalan kaki tanpa sandal,” tutur Kabid Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, M Imran, dilansir dari sumber, Kompas.

“Jika parah, mungkin mereka akan mendapatkan rawat inap seminggu. Apalagi jemaah yang memiliki risiko lain yakni diabetes, prosesnya sembuh bisa dua minggu,” ungkapnya lebih lengkap. 

Sehingga disarankan nih Sun People, jika ada jemaah yang sandalnya hilang, disarankan untuk tidak nekat berjalan kaki ke tempat penginapan. Hubungi petugas haji atau temannya. Selain kaki melepuh, kasus lain akibat cuaca panas adalah dehidrasi, heat exhaustion atau kondisi kelelahan yang ekstrem sebab tubuh terpapar suhu panas disertai dehidrasi, serta heat stroke atau kondisi cidera panas yang paling serius dan dapat menyebabkan kematian.

(sumber: kompas.com)