ed sheeran

Ed Sheeran Mengaku Akan Pensiun Bila Terbukti Bersalah Jiplak Lagu

Banjarmasin, SUNFM Radio - Ed Sheeran bersumpah bila terbukti bersalah dalam kasus dugaan pelanggaran hak cipta atas Thinking Out Loud terhadap lagu Let's Get It On milik Marvin Gaye, ia akan berhenti bermusik.

"Jika itu terjadi [terbukti bersalah], aku akan berhenti," kata Ed Sheeran berdasarkan laporan Daily Mail, dikutip dari Insider pada Rabu (3/5).

"Saya merasa tersinggung karena saya mengabdikan seluruh hidup saya untuk menjadi seorang penampil dan penulis lagu, tapi seseorang menghancurkannya," tambahnya.

Ed Sheeran digugat oleh Kathryn Townsend selaku putri Ed Townsend, yang menulis lagu Let's Get It On bersama Marvin Gaye.

BACA JUGA: Coldplay Dikabarkan akan Gelar Konser di Jakarta pada 15 November Mendatang

Selain Kathryn, saudara perempuan Helen McDonald, dan estate dari mantan istri Townsend, Cherrigale Townsend, tercantum sebagai penggugat dalam kasus "Thinking Out Loud".

Sejak masuknya gugatan tersebut, Ed Sheeran kerap hadir dalam persidangan untuk memberikan kesaksiannya.

Ketika Sheeran hadir di sidang perdana yang digelar di pengadilan federal Manhattan, Selasa (25/4) waktu AS, sidang dibuka dengan pemutaran lagu Thinking Out Loud dan Let's Get it On.

Mereka menuding Ed Sheeran bersama Warner Music Group dan Sony Music Publishing berutang karena diduga menjiplak lagu Let's Get it On.

Salah satunya yaitu video rekaman penampilan Ed Sheeran yang diduga membuat mash up Thinking Out Loud dan Let's Get it On pada 2014.

Ben Crump kemudian menuding video tersebut sebagai "pengakuan" bahwa Ed Sheeran telah melakukan penjiplakan.

Namun, tudingan itu dibantah oleh Ed Sheeran dalam kesaksian perdananya. Ia mengaku sudah melakukan mash up sejumlah lagu dalam berbagai konser sebelumnya.

Solois berusia 32 tahun itu juga menjelaskan bahwa kasus tersebut bukan pelanggaran hak cipta. Pasalnya, ada banyak lagu yang memiliki kesamaan chord tanpa berniat melakukan penjiplakan.

Ed Sheeran kemudian menegaskan dirinya tidak pernah berniat menjiplak lagu Marvin Gaye, seperti yang dituduhkan penggugat.

(Sumber: cnnindonesia.com)