gunung di bali

Ada Larangan Mendaki Gunung di Bali

Banjarmasin, SUN FM Radio – Sun People, ada ga yang berencana hiking ke Bali??

Kabar terkait aturan larangan pendakian gunung-gunung di bali ini disampaikan Gubernur Bali I Wayan Koster, sudah bisa dipastikan akan dilarang sepenuhnya.

Kesempatan untuk mendaki di gunung Bali sudah pupus Sun People lantaran aturan ini sudah resmi tidak boleh lagi mendaki. 

BACA JUGA: Jokowi Heran Ada Daerah Habiskan Anggaran "Stunting" untuk Rapat dan Perjalanan Dinas

epala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun menjelaskan bahwa apabila dilihat dari aturan pihak kehutanan Bali yang lama dan sudah ada sejak dulu, memang sesungguhnya pendaki tidak boleh sampai ke zona inti atau puncak gunung.

Oleh karena itu, kata Tjok Bagus, Gubernur Bali dan pihak-pihak terkait sudah sepakat, secara tegas mengatakan bahwa pendaki tidak boleh lagi mendaki semua gunung di Bali

Hanya di area bawah, jaga taksu pariwisata Bali

Sun People, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga taksu (keagungan) dari tempat-tempat yang disucikan.

“Karena taksu-nya Bali kan juga salah satunya kawasan gunung itu, yang suci. Jadi lebih kepada pak gubernur mau mengembalikan lagi, mengagungkan kembali,” 

ucap Tjok Bagus

Lebih lanjut, ia menjelaskan, jika pendakian masih dilakukan dan terjadi hal-hal kurang baik seperti yang sebelumnya, dikhawatirkan taksu dan nilai spiritual pariwisata Bali menjadi hilang.

(Kompas.com)