Rel kereta api

Pembangunan Jalur Rel Kereta Api di Kalsel Kemungkinan Berubah

Banjarmasin, Sun FM Radio – Sebentar lagi Kereta Api gak Cuma ada di Jawa Sun People!

Lama tak terdengar, rencana pembangunan rel kereta api di Kalimantan Selatan kembali diungkit. Kabarnya, jalurnya kemungkinan bakal berubah.

Anggota Komisi V DPR RI asal Kalsel, Syaifullah Tamliha mengatakan, jalur kereta api mungkin berubah karena permintaan dari calon investor. Alasannya, di Jorong ada pelabuhan yang posisinya berada di laut dalam. Menurutnya, bila kapal tak lagi bergantung pada pasang surut sungai, maka pendistribusian barang dari Kalsel ke provinsi lain akan lancar.

BACA JUGA: Waralaba 'Insidious' Akan Hiatus Setelah Rilis 'Insidious: The Red Door'

Terkait investor, Syaifullah menyebut, ada salah satu pemodal dari Rusia yang menyatakan ketertarikan membiayai pembangunan kereta api di sini. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel, Ariadi Noor menambahkan, dari hasil diskusi dengan Kementerian Perhubungan disampaikan, pengalihan trase kereta api dari Tabalong ke kawasan industri Jorong masih berkutat di RDP (Rapat Dengar Pendapat). “Sehingga apabila ada perubahan trase, maka membutuhkan kajian lagi,” jelasnya.

Lagi pula, jalur ke Jorong sudah ada di dalam di trase Banjarmasin-Batulicin-Tanah Grogot. “Jadi memang jalurnya sudah sampai ke sana,” ujarnya.

Ihwal investor dari Rusia, Ariadi mengaku hingga kini belum menerima informasi seperti itu. Baik dari Dishub Kalsel maupun Kemenhub.

Pembangunan kereta api diharapkan melalui sistem kerja sama antara pemerintah dan badan usaha. “Sudah diajukan Kemenhub ke Kemenkeu, tapi belum ada keputusan untuk melanjutkan ke proses berikutnya,” pungkasnya.

(radarbanjarmasin.com)