event ruai rindu meratus

Ruai Rindu Meratus Jadi Bagian dari 110 Kharisma Event Nusantara 2024

Banjarmasin, Sun FM Radio – Event Ruai Rindu Meratus akhirnya menjadi bagian dari 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang diluncurkan di Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (27/1).

Event Ruai Rindu Meratus telah dikurasi selama kurang lebih tiga bulan untuk bisa terpilih dalam bagian KEN.

Dari tayangan langsung kanal YouTube Kemenparekraf yang berlangsung malam tadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, sepanjang 2023 ada peningkatan Wisatawan signifikan pasca dilanda pandemi. 

BACA JUGA: Lalala Fest 2024 Kembali Digelar. Berikut Lineup Fase Pertamanya

Kunjungan mancanegara (Wisman) mencapai 110,86 persen atau setara 10, 41 juta kunjungan. Sedangkan untuk kunjungan Wisatawan Nusantara (Wisnus) meningkat 11,99 persen atau sekitar 749,11 juta kunjungan. 

Pihaknya pun melakukan pengkajian yang di antara hasilnya mampu menaikkan dampak perekonomian hingga 12,3 triliun rupiah. 

Sementara itu, di KEN 2024 pihaknya juga menargetkan 4,4 juta lapangan kerja baru dengan promosi melalui media digital dan memperkuat jaringan serta ekosistem event.

Sebagai informasi, Ruai Rindu Meratur menjadi event pertama yang mewakili Tapin serta yang kedua mewakili Kalsel setelah event Bambo Rafting di Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan di KEN 2024, 

Ruai Rindu Meratus merupakan sebuah kegiatan yang dibangun komunitas pemuda di Kabupaten Tapin dengan menyuguhkan keindahan bentang alam, aksi sosial, hingga budaya masyarakat Dayak lereng Meratus di kawasan strategis nasional Bendungan Tapin.