banjarmasin kota toleransi

Banjarmasin Menjadi Kota Toleransi di Indonesia

Banjarmasin, Sun FM Radio – Pemerintah Kota Banjarmasin mendapat penghargaan Indeks Kota Toleran (IKT) 2023 dari Setara Institute fo Democracy and Place. 

Penghargaan tersebut diterima Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dari Ketua Badan Pengurus Setara Institute for Democracy and Place, Dr Ismail Hasani, SH MH, di Candi Singasari Ballroom, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (30/01).

BACA JUGA: Pembangunan Embung Gunung Kupang Sebabkan Rumah Warga Retak

Penghargaan IKT kategori Kebijakan Toleran Terbaik tahun 2023 tersebut diberikan kepada pemerintah kota berjuluk seribu sungai ini lantaran dari hasil pengukuran yang telah dilakukan institute tersebut, kota Banjarmasin dinilai berhasil dalam penyelenggaraan toleransi kehidupan bermasyarakat.

“Setara Institute telah menyelesaikan penyusunan Indeks Kota Toleran (IKT) 2023, dimana pengukuran ini sebagai upaya kolektif dalam pengukuran pemajuan toleransi secara continue di 94 kota,” ujar Ismail Hasani, dalam suratnya.

Apalagi, lanjutnya, selain dilakukan pengukuran tersebut, hal yang pendukung lain yang menjadi bukti Pemerintah Kota Banjarmasin sangat peduli dengan toleransi kehidupan bermasyarakat adalah dengan diterbitkannya Perda Kota Banjarmasin Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Toleransi Kehidupan Bermasyarakat.

Menanggapi penerimaan penghargaan tersebut, H Ibnu Sina menyatakan apresiasi atas terselenggaranya pengukuran pemajuan toleransi secara continue di 94 kota di Indonesia tersebut.