prediksi cuaca di kalsel

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Kalsel

Banjarmasin, Sun FM Radio – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) keluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem di Kalimantan Selatan selama satu minggu kedepan. 

Berdasarkan prospek cuaca, hampir seluruh wilayah Kalsel masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Selain itu, ada potensi petir dan angin kencang.

BACA JUGA: Keanu Reeves Dikabarkan Akan Terlibat dalam Film Sonic the Hedgehog 3

“Berdasarkan dinamika atmosfer terkini terdapat daerah perlambatan angin di wilayah Kalsel serta labilitas udara lokal yang cukup kuat mendukung proses konvektif pada skala lokal, berpotensi menyebabkan terjadinya pertumbuhan awan- awan konvektif yang masif,” kata Kepala Stasiun Meteorologi (Stamet) Syamsudin Noor, BMKG Kalsel, Karmana, Selasa (16/4/2024).

Laporan tertulis BMKG, pada 17 April 2024, siang hingga sore hari, terdapat potensi hujan disertai petir/ kilat dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Bumbu, Kotabaru dan sekitarnya.

Berikut data terkait cuaca di Kalimantan Selatan mulai 18 - 23 April 2024:

Pada 18 April 2024, Sore hingga Malam hari, terdapat potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir/ kilat dan angin kencang di wilayah Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Barito Kuala dan sekitarnya.

Kemudian, 19 April 2024, pada siang hingga sore hari terdapat potensi hujan disertai kilat/petir di wilayah Kotabaru, Tanah Bumbu dan sekitarnya.

Sabtu, 20 April 2024, pada siang hingga sore hari terdapat potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/ petir dan angin kencang di wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Hulu Sungai Selatan, Hulu Hulu Sungai Tengah, Barito kuala, Tapin dan sekitarnya.

21 April 2024, pada siang hingga sore hari terdapat potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kotabaru, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tabalong dan sekitarnya.

22 April 2024, tidak terdapat cuaca yang signifikan di wilayah Kalsel.

Lalu, 23 April 2024, pada siang hingga sore hari terdapat potensi sedang disertai kilat/petir di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan sekitarnya.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan potensi banjir rob pada 17-20 April 2024. Mulai pukul 11.00 hingga 18.00 Wita, pasang surut maksimum masih tinggi antara 2,5 sampai 2,9 meter di Muara Sungai Barito.

Lebih lanjutnya, Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang ditimbulkan seperti banjir, banjir rob, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, jalan licin.